Pages

DIY Chocolate Face Mask

Sunday 17 July 2016

Haloooo…
Kali ini kedua aku bikin do it yourself tips! Yang pertama aku bikin DIY buat infused water, bisa dibaca disini Tips kali ini adalah tentang masker wajah dari coklat. Jadi sejak beberapa tahun lalu aku dikasih tau sama mbak kos-ku kalau masker dari pure chocolate gini bagus buat kulit, pas aku coba beneran lumayan banget hasilnya. Kulit lebih halus dan komedo atau freckles di wajah jadi lebih lembut dan ngga keliatan nimbul gitu. Katanya sih bisa ngangkat kulit mati dan mencerahkan kulit juga. Tapi efek yang kerasa banget itu ya the two I’ve mentioned first. Selain itu juga gampang banget dibuatnya dan yang pasti murmer! Haha…
Ok, lanjut ke tutorial pembuatan maskernya.
Ingridients :
1. Bubuk coklat murni. Aku biasa pake yang merk Windmollen atau Van Houtten. Merknya bebas boleh apa aja asalkan isinya pure chocolate ya jangan ada tambahan sugar, creamer, milk, coffee, etc.


2. Air panas, dianjurkan mendidih.
How to make :
1. siapkan 1-2 sendok makan coklat bubuk

2. campurkan air panas perlahan-lahan, se-sendok demi se-sendok supaya ngga keenceran.

3. aduk perlahan sampai mencapai tingkat kekentalan yang pas.


4. oleskan merata ke wajah dan leher selagi masih cair (karena coklat ini bakal gampang banget mengental lagi)

5. tunggu sampai kering. Waktu bervariasi dari 10-40 menit tergantung pada tingkat kekentalan masker dan udara sekitar. Kalau aku sih suka nongkrong depan kipas angin kalau lagi maskeran gini. Kalau udah kering akan ada sensasi ketarik gitu dan bakal kaku susah digerakin. Masker yang di wajah juga bakal mengering jadi warna yang lebih cerah dan pecah-pecah kaya sawah di musim kemarau.
6. kalau udah kering merata, bersihkan pake tangan boleh tapi dianjurkan pake saputangan atau anduk kecil gitu. Boleh pake air dingin atau air anget, aku ngga ngeliat perbedaan yang berarti sih antara pake air dingin apa anget. Pas dibersihin rasanya perih-perih gitu karena ketarik dan yang pasti butuh kesabaran ekstra buat bersihin ini karena emang lapisan-lapisan tebel coklat gini.
Kalau uda selesai coba deh raba permukaan wajah kalian, dijamin langsung alus terutama dibagian hidung. Ngga bakalan ada komedo nyangsang lagi. Tapi karena ini dari bahan alami makanya progressnya rada lama gitu, harus bertahap dan telaten. Sekitar 3-7 hari sekali harus diulangin, karena kalo ngga ya komedo nya bakalan balik lagi.
Coklatnya bisa diganti coklat masak yang batangan(bukan coklat silverqueen, cadburry sejenisnya ya tapi coklat batangan yang buat bikin kue, yang tanpa campuran apa-apa) tapi cara masaknya sedikit beda yaitu di tim. Coklat batangan di taruh di wadah yang tahan panas, besi atau stainless steal gitu selain plastic, terus wadahnya diapungin di air mendidih selama beberapa menit sampai coklatnya mencair. Kalau sudah mencair langsung dioles ke wajah, tapi ini harus tahan panas ya karena kalau nunggu dingin otomatis bakal mengental lagi. Jadi lebih disarankan pake coklat bubuk walau ada yang bilang efeknya lebih oke pake coklat batangan karena coklatnya lebih pekat, tapi karena alasan kepraktisan sih mending nggausah.
Sekian tips kali ini, I hope it can be usefull for you..

See you later, stay happy and cheers ^^v

No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS